6 Gejala Stroke Ringan Yang Perlu Di Waspadai

GEJALA STROKE RINGAN – Stroke merupakan penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia dengan resiko kematian paling tingggi bagi penderitanya.

Anggapan sepele masayarakat terhadapat gejala stroke merupakan faktor utama. Hal tersebut dikarenakan gejala awal stroke sering muncul dan hilang sendirinya, pedahal ketika gejala tersebut hilang itu menandakan TIA (Transient Ischemic Attack) atau gejala stroke ringan yang berisiko mengalami stroke berat pada tahap berikutnya.

Baca Juga Artikel Tentang Penyebab Penyakit Stroke

6 Gejala Stroke Ringan Yang Perlu Di Waspadai

Gejala Stroke Ringan

Serangan stroke dapat terjadi secara tiba-tiba, namun tanda-tandanya sebenarnya dapat dideteksi. Para ahli mengatakan, semakin dini stroke dikenali disertai pengobatan stroke dengan tepat, maka semakin besar kemungkinan untuk sembuh dan terhindar dari risiko kelumpuhan. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukan tubuh mengalami gejala stroke ringan, diantaranya ialah :

  1. Pusing Mendadak.
    Orang yang terkena stroke biasanya akan mengalami kondisi pusing yang sifatnya sangat mendadak. Bahkan pusing atau sakit kepala ini sering tidak disertai dengan gejala awal seperti rasa tidak nyaman, kurang enak badan dan kehilangan nafsu makan. Rasa pusing bisa disebabkan ketika sel-sel dalam otak sudah mulai melemah dan otak tidak mendapatkan aliran darah dan oksigen dari pembuluh darah. Kondisi ini sangat berhubungan dengan hambatan pada pembuluh darah. Penderita tekanan darah tinggi biasanya akan lebih sering mengalami komplikasi. Karena itu penderita tekanan darah tinggi harus lebih waspada jika sudah terasa sering pusing.
  2. Kebingungan.
    Gejala stroke ringan paling sering terjadi adalah perasaan bingung atau kebingungan dan rasa cemas berlebihan. Hal tersebut terjadi karena aliran darah ke dalam otak sudah tidak berjalan dengan baik. Ketika otak tidak mendapatkan darah yang cukup maka bisa menyebabkan hormon dalam otak juga mengalami gangguan. Rasa bingung juga bisa disebabkan karena tubuh merasa tidak nyaman atau tidak enak badan.
  3. Mati rasa pada salah satu bagian tubuh.
    Mati rasa yang terjadi biasanya berawal dari kesemutan yang sering terjadi pada bagian jari-jari tangan, kaki atau bagian tubuh yang lain. Hal ini disebabkan karena kerusakan beberapa syaraf dalam tubuh. Kondisi tersebut juga menandakan sebagai gejala stroke ringan.
  4. Gangguan Penglihatan.
    Gangguan pada penglihatan memang sering kali tidak dianggap sebagai gejala stroke, tetapi faktanya gejala tersebut merupakan salah satu dari tahap awal terjadinya stroke. Dalam kasus yang lebih buruk maka bisa menyebabkan kehilangan penglihatan sepenuhnya dan menjadi kebutaan. Hal ini terjadi akibat bagian syaraf mata sudah mengalami kelumpuhan dan menganggu fungsi mata.
  5. Lengan dan kaki melemah.
    Melemahnya pada bagian tubuh seperti lengan dan kaki merupakan gejala stroke ringan yang paling umum terjadi. Kondisi tersebut disebabkan adanya otot dan syaraf sudah melemah karena kerusakan sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.
  6. Perubahan Emosi.
    Salah satu dari 6 gejala stroke ringan adalah perubahan emosi. Perubahan ini bisa terjadi karena perasaan tidak nyaman akibat tekanan darah dan penggumpalan darah pada salah satu bagian otak.
Baca Juga :  OBAT TUBERKULOSIS

Itulah beberapa 6 gejala stroke ringan yang menandakan bahwa telah terjadi kerusakan pada syaraf dalam tubuh. Apabila Anda merasakan gejala stroke ringan tersebut, segera lakukan penanganan. Pilihlah obat stroke ringan yang tepat dan aman dari efek saming.

Post by. http://tokoagaricpro.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *