Apakah Penyakit Gondok Menular?

Penyakit GondokBanyak orang yang berpikiran bahwa gondok dan gondongan adalah penyakit yang sama padahal tentunya berbeda. Gondok dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu gondok difus dan nodul, pengelompokan ini dapat didasarkan karena tekstur pada benjolannya.

Gondok merupakan suatu kondisi penyakit yang ditandai dengan pembesaran kelenjar tiroid berbentuk seperti kupu-kupu. Terletak pada pangkal bawah tenggorokan atau depan leher dan terasa lembut bila disentuh. Umumnya gondok tidak menimbulkan gejala Meski demikian, benjolan tersebut dapat memengaruhi pernapasan serta menyebabkan penderita sulit menelan jika bertambah besar.

Apakah Gondok Dapat Menular?

Penyakit gondokĀ  bukanlah penyakit menular, sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Dalam beberapa kasus biasanya gondok mengalami pembesaran kelenjar gondok yang sudah mulai mengecil ukurannya, ada kemungkinan suatu infeksi yang menyebabkan hal ini. Penyebab dari pembesaran gondok dapat disebabkan karena keganasan dari suatu kanker, infeksi bakteri, virus, riwayat benturan, dan kelainan bawaan. Untuk memastikannya, sebaiknya periksa kedokter untuk mencegah masalah kesehatan lainnya.

Bagaimana Cara Pencegahannya?

Untuk mencegah terjadinya gondok anda bisa melakukan tips-tips yaitu :

  • Konsumsi garam yang mengandung tinggi yodium, anda butuh sekitar 150 mikrogram yodium setiap hari, dan ini harus dicukupi terutama bagi ibu hamil dan menyusui serta bayi dan anak-anak. Dengan aturan konsumsi yodium yang benar maka akan mencegah terjadinya gondok danĀ  dapat mengurangi bengkak pada leher.
  • Banyak mengkonsumsi air putih agar tubuh tetap mendapatkan asupan cairan yang cukup sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit dan terhindar dari dehidrasi sehingga gondok pun tidak akan terjadi.
  • Menjaga kebersihan, sebelum mengkonsumsi makanan sebaiknya kita mencuci tangan terlebih dahulu sehingga dapat mengurangi resiko virus atau bakteri yang masuk dan mengganggu kelenjar tiroid.
  • Melakukan olahraga secara teratur, olahraga bertujuan untuk membuat kondisi kesehatan menjadi lebih kuat. Cukup dengan melakukan olahraga ringan paling tidak dua sampai tiga kali dalam satu minggu, kesehatan tubuh akan dapat diseimbangkan.
  • Memperkuat sistem imun, dengan menurunnya sistem imun maka akan memungkinkan berbagai penyakit yang berasal dari virus masuk termasuk gondok. Ketika virus berhasil masuk, kemungkinan kelenjar tiroid pun pada kondisi yang tidak aman karena ketika imunitas lemah, tidak ada perlawanan terhadap virus tersebut.
Demikian informasi mengenai penyakit gondok semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.
Baca Juga :  Cara Alami Mengatasi Hepatitis C Dengan Mengkudu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *