Bahaya Penyakit Kista Ovarium Bagi Wanita

Bahaya Kista OvariumKista merupakan salah satu penyakit menakutkan yang sering menyerang wanita, dan dapat mengganggu kesehatan rahim. Apa saja bahaya yang ditimbullkan kista ovarium pada wanita?untuk lebih jelas, mari kita simak informasi dibawah ini.

Kista ovarium merupakan penyakit yang sering terjadi pada wanita yang masih aktif mengalami menstruasi dan masih melahirkan anak. Ada beberapa jenis kista yang terdapat pada ovarium, namun jenis umumnya yaitu kista fungsional. Pembentukan kista dapat terjadi ketika ketika salah satu telur tidak dilepaskan atau kantung folikel (pembungkus telur) tidak larut folikel ini seharusnya larut.

Bahaya Kista Ovarium

Bahaya Penyakit Kista Ovarium Bagi Wanita

Untuk mengetahui bahaya kista pada perempuan sangat penting karena jika tidak segera dilakukan pengobatan kista jinak akan berpengaruh pada kesehatan. Seperti pada kista ovarium banyak yang bersifat jinak, namun dapat bersifat ganas atau bisa berkembang menjadi kanker. Selain itu, kista ovarium juga dapat menyebabkan komplikasi yang serius yaitu :

  1. Akan menyebabkan kista pecah.
    Bahaya kista yang mengandung seperti darah yang tidak dilakukan penanganan maka akan menyebabkan kista pecah yang akan menyebar ke berbagai bagian sekitar perut dan sistem peproduksi. Kondisi kista pecah dapat ditandai dengan pendarahan pada bagian dalam yang disertai dengan rasa sakit yang sangat hebat.
  2. Torsi ovarium.
    Kista yang menjadi besar bisa menyebabkan ovarium bergerak keluar dari posisi normalnya di panggul. Hal ini meningkatkan kemungkinan terjadinya nyeri pada ovarium yang disebut torsi ovarium. Akibat dari torsi ovarium ini akan mengakibatkan ovarium menjadi mati dan tidak berfungsi akibatnya bisa mengganggu rahim.
  3. Kanker ovarium.
    Knaker ovarium merupakan kondisi di mana tumor ganas tumbuh berkembang di dalan indung telur, di mana sel-sel telur juga hormon wanita (estrogen dan progesteron) dihasilkan. Kanker ovarium ini biasanya sering terjadi pada wanita muda yang memiliki resiko terkena kanker.
  4. Komplikasi pada kehamilan.
    Jika kista berukuran besar maka akan mengganggu pada kehamilan dan harus dilakukan operasi untuk mengeluarkan kista. Jika kista tidak dilakukan penanganan maka bisa mengganggu proses kehamilan bahkan menyebabkan keguguran.
  5. Komplikasi penyakit.
    Kista juga dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit komplikasi seperti gangguan usus yang menyebabkan fungsi usus menjadi tidak normal. Kegagalan fungsi kandung kemih yang terus tertekan oleh kista sehingga membuat penderita sering tidak bisa mengkontrol buang air kecil.

Kista bisa merupakan tanda dari keganasan kanker, untuk mencegah terjadinya bahaya dari kista sebaiknya anda periksa segera kedokter, supaya dokter memberi saran penanganan yang aman dan tepat.

Baca Juga :  Cara Mengobati Epilepsi Dengan Buah Ciplukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *