Bahaya Kolesterol Tinggi

Bahaya Kolesterol TinggiBeberapa penyakit memang menimbulkan bahaya salah satunya yaitu pada penyakit kolesterol yang mengalami kenaikan sangat tinggi. Bila terus dibiarkan dan tidak dilakukan penangananat bahaya yang ditimbulkan pada kasus kolesterol tinggi ini bisa berpengaruh buruk pada kesehatan.

Kolesterol tinggi merupakan kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Kolesterol mempunyai fungsi sebagai prekursor untuk banyak hormon, termasuk testosteron dan estrogen, menjaga cairan sel membran, dan berkontribusi terhadap pembentukan asam empedu yang membantu mencerna lemak.

Bahaya Kolesterol Tinggi

Bahaya Kolesterol Tinggi

Jika seseorang mengalami tingkat kolesterol yang sangat tinggi dalam darah, maka hal tersebut akan menyebabkan resiko penyakit jantung dan stroke. Kolesterol tinngi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keturunan dan orang yang memiliki berat badan yang berlebih (obesitas). Selain itu bisa disebabkan juga karena pola makan yang kurang sehat seperti mengkonsumsi makanan yang lemak jenuh.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu beberapa penyakit yaitu :

  1. Pada sistem pencernaan.
    Akibat dari kolesterol yang tinggi dapat menciptakan ketidakseimbangan di empedu yang mengakibatkan penyakit batu empedu.
  2. Terkena resiko penyakit jantung.
    Berkurangnya pasokan darah ke jantung sehingga membuat jantung berhenti berdenyut dan serangan jantung yang sangat berbahaya pada kesehatan. jika anda sering merasakan sesak napas, nyeri dada jangan abaikan ini, bisa jadi jantung anda mengalami kerusakan.
  3. Memicu penyakit aterosklerosis.
    Aterosklerosis yaitu penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri. Penyakit ini disebabkan karena adanya kolesterol tinggi di dalam tubuh.
  4. Penyakit stroke.
    Kolesterol tinggi dapat memicu penyumbatan pembuluh darah di otak akibat munculnya plak. Akibatnya aliran darah ke otak akan menjadi sedikit dan membuat sel-sel otak tak berfungsi dengan baik, perlahan tapi pasti hal akan memicu stroke dikemudian hari.

Bagi Anda yang sudah terserang kolesterol tinggi, mulailah untuk mengatasinya dengan melakukan pola hidup yang lebih sehat. Seperti mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, melakukan diet seimbang, dan olahraga secara teratur. 

Demikian informasi tentang bahaya kolesterol tinggi semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Pengaruh Hipertensi Yang Tidak Boleh Disepelekan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *