Bahaya Sinusitis Ketika Terjadi Komplikasi

Bahaya Sinusitis – Apakah anda pernah mengalami hidung tersumbat dalam jangka waktu yang lama?Jika anda mengalami hal tersebut harus hati-hati karena bisa saja hal itu salah satu gejala dari sinusitis. Penyakit sinusitis ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Apa itu Sinusitis?

Sinusitis merupakan adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Penderita yang mengalami sinusitis mungkin sering tidak menyadari, karena gejala dari sinusitis hampir miring dengan flu biasa. Tetapi, disampin itu bila anda mempunyai gejala sama dengan flu seperti hidung mampet atau terdapat lendir anda harus waspada karena gjala tersebut bisa saja menjadi gejala sinusitis akut.

Bahaya Sinusitis

Bahaya Komplikasi Sinusitis

Pada umumnya, penyakit sinusitis dapat diakibatkan oleh adanya virus yang akan sembuh sekitar satu minggu. Namun, jika gejala sinusitis lebih dari 10 hari anda harus waspada karena bisa saja hal itu akan menyebabkan infeksi yang serius dan komplikasi yang berbahaya. Berikut ini adalah beberapa bahaya komplikasi yang terjadi pada sinusitis yaitu :

  1. Infeksi rongga mata.
    Infeksi ini merupakan infeksi yang paling sering terjadi pada sinusitis, ditandai dengan pembengkakan pada kelopak mata, gangguan penglihatan, dan sulit menggerakkan bola mata. Bahaya dari infeksi rongga ini bisa menyebabkan adanya gangguan pada penglihatan, dan kebutaan secara permanen.
  2. Infeksi pembuluh darah sekitar rongga anus.
    Infeksi ini merupakan kondisi ketika ada penggumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah dalam otak dan di belakang soket mata. Gejala dari infeksi ini yaitu penderita akan mengalami sakit kepala berat, kelopak mata menurun, demam tinggi, tidak dapat menggerakan mata, dan penglihatan menjadi ganda.
  3. Osteomyelitis.
    Osteomyelitis adalah infeksi tulang yang disebabkan oleh mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh lewat luka atau penyebaran infeksi lewat darah. Gejala dari infeksi ini yaitu pembengkakan pada kelopak mata, demam dan menggigil, penderita akan mengalami rasa nyeri pada saat melihat cahaya.
  4. Meningitis.
    Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada meningen, yaitu lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Gejalanya yaitu sakit kepala berat, demam tinggi, mual dan muntah, dan mengalami sulit berjalan.
  5. Adanya sebagian perubahan pada daya penciuman atau seluruhnya.
    Hal ini akan mengakibatkan peradangan dan pembengkakan saraf yang digunakan sebagai indra penciuman, bisa terjadi sementara atau bahkan permanen.

Dilihat dari bahayanya diatas, jika anda mengalami masalah kesehatan sinusitis sebaiknya harus segera melakukan pengobatan sinusitis yang tepat. Jika sinusitis terus dibiarkan tidak dilakukan penanganan hal itu akan berbahaya pada kesehatan bahkan menghilangkan nyawa.

Demikian informasi tentang bahaya komplikasi sinusitis semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :  Tanda Gejala Kista Payudara Dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *