Cara Mencegah Asam Urat

Cara Mencegah Asam Urat – Asam urat merupakan suatu kondisi yang sering terjadi, yang diakibatkan oleh kadar asam urat yang terlalu tinggi. Kondisi ini lebih sering menyerang orang tua, dibandingkan dengan orang yang masih remaja. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa orang yang masih remaja juga bisa mimiliki risiko untuk terkena asam urat.  

Banyak orang yang tidak menyadari akan adanya asam urat pada tubuh. Mereka mengira bahwa rasa sakit yang sering terjadi pada sendi terutama pada bagian jempol kaki adalah hal yang sering terjadi. Asam urat yaitu penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang dikonsumsi. Zat purin itu sendiri yaitu zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh mahluk hidup. 

Cara Mencegah Asam Urat

Sebagian orang yang mengalaminya tidak akan mengalami gejala pada awalnya. Biasanya gejala tersebut akan muncul setelah asam urat menumpuk dipersendian. Gejala yang paling umum terjadi pada asam urat yaitu seperti : 

  • Kesemutan dan linu 
  • Sendi menjadi bengkak, lunak serta menjadi kemerahan
  • Rasa panas pada area sendi
  • Nyeri sendi yang sangat parah dan terjadi secara mendadak terutama pada malam dan pagi hari setelah bangun tidur. 

Gejala-gejala seperti diatas tentunya sangat menganggu. Nah agar tidak terjadi gejala yang lebih parah lagi, tentunya kita harus melakukan beberapa pencegahan untuk mengurangi gejala-gejala asam urat. Seperti apa cara pencegahannya ?? 

Cara Mencegah Asam Urat

  1. Menghindari makanan yang mengandung purin 
    Hal yang paling terpenting untuk mengurangi gejala asam urat yaitu dengan tidak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan purin seperti bayam, asaparagus, kembang kol, serta seafood, dll. Semua jenis makanan tersebut mengandung purin yang tinggi, yang dimana akan menyebabkan adsam urat menjadi bertambah parah. 
  2. Menurunkan Berat Badan 
    Dan hal yang penting lainnya yaitu dengan menurunkan berat badan menjadi stabil. Karena beberapa penelitian mengatakan bahwa seseorang yang memiliki berat badan lebih akan sangat berisiko terkena asam urat. Oleh sebab itu, menurunkan berat badan adalah hal yang paling penting dilakukan untuk menghindari penyakit asam urat. Namun perlu untuk anda ketahui, selain menghindari asam urat, mengurangi berat badan berlebih juga mampu menghindari anda  dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya. 
  3. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C 
    Vitamin C memang sangat baik untuk tubuh. Selain itu juga, vitamin C juga terbukti dapat mencegah asam urat. 
  4. Mengkonsumsi banyak air 
    Mengkonsumsi air putih dengan banyak memang sangat baik untuk kesehatan, terutama minuman yang diionisasi, atau yang mengandung mineral. Minumalah 8-12 gelas sehari, dan kurangilah konsumsi air alkalin dan juga hindari konsumsi minuman yang bebaking soda. 
  5. Konsumsi susu dan jus jeruk 
    Menurut dari hasil penelitian, ternyata mengkonsumsi susu dapat menurunkan kadar asam urat. Jadi sangat sehat sekali jika minum segelas susu setiap hari dapat menurunkan risiko asam urat. Jus jeruk juga sama hal yang memiliki manfaat yang mampu menurunkan kadar asam urat, namun jus jeruk tidak sebagus dengan mengkonsumsi susu. 

Baca juga : ciri asam urat ditangan || kadar asam urat normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *