Cara Ampuh Mengatasi Bronkitis Kronis

Cara Mengatasi Bronkitis KronisPenyakit bronkitis adalah jenis penyakit berbahaya yang tidak bisa dianggap sepele. Ketika gejala penyakit ini timbul maka penderita akan merasa tidak nyaman dan membuat penderitanya kewalahan. Bagaimana saja cara mengatasi penyakit bronkitis? untuk lebih jelas, yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

Bronkitis kronis merupakan iritasi yang terjadi secara terus menerus pada bagian bronkial yang sering terjadi akibat kebiasaan merokok. Bronkitis kronis merupakan salah satu jenis penyakit paru kronis obstruktif yang berkembang dalam jangka waktu panjang sehingga dapat  menghalangi aliran udara dari paru-paru karena terhalang pembengkakan dan lendir atau dahak, sehingga penderitanya sulit bernapas.

Apa saja cara untuk mengatasi bronkitis kronis?

Untuk mencegah bronkitis semakin parah, ada banyak cara mengatasi dan pengobatan bronkitis yang bertujuan untuk meringankan gejala bronkitis kronis yang bisa anda lakukan secara sederhana dan mudah yaitu :

  1. Berolahraga secara teratur.
    Tidak hanya dapat mengurangi gejala bronkitis kronis, dengan melakukan olahraga secara teratur juga bisa berguna untuk mencegah berbagai masalah penyakit. Manfaat olahraga untuk penderita bronkitis kronis yaitu bisa memperkuat otot yang bisa membantu proses pernafasan. Untuk memperbaiki kualitas paru-paru sebaiknya anda memberi jadwal untuk melakukan olahraga rehabilitasi paru yaitu metode yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas paru penderita.
  2. Dengan menghentikan kebiasaan merokok.
    Merokok merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit bronkitis kronis. Ketika rokok dihisap menuju paru-paru, maka akan hal ini akan mengiritasi jalan napas dan kemudian memproduksi lendir yang merupakan tanda paru mengalami kerusakan. 
  3. Menjaga berat badan.
    Akibat dari seseorang kelebihan berat badan atau obesitas maka akan menyebabkan seseorang menjadi kesulitan bergerak, dan sesak napas. Untuk anda yang menderita bronkitis kronis sebaiknya harus bisa menjaga berat badan yang ideal dengan konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan.
  4. Dengan menjaga kelembapan ruangan.
    Supaya penderita bronkitis tidak mengalami sesak napas maka sebaiknya harus bisa mengatur dan menjaga kelembapan ruangan rumah menjadi lebih nyaman. Ruangan yang  paling perlu mendapatkan perhatian adalah ruang tidur. Tak hanya rajin menggunakannya, pastikan juga anda selalu membersihkannya secara rutin untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan.

Demikian penjelasan tentang 4 cara ampuh mengatasi penyakit bronkitis kronis semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *