Ciri Asam Urat Ditangan

Ciri Asam Urat Ditangan – Asam urat atau yang lebih dikenal dengan encok merupakan salah satu bentuk umum penyakit rematik. Penyakit asam urat ini membuat penderita mengalami rasa nyeri pada bagian sendi seperti tangan. Lalu apa saja ciri-ciri yang bisa kenali pada asam urat tangan berikut adalah penjelasannya.

Asam urat merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Penumpukan yang terjadi akibat asam urat akan membentuk kristal pada bagian sendi yang dapat menyebabkan nyeri pembengkakan pada bagian sendi tubuh. Penyakit asam urat juga bisa terbentuk di saluran kemih yang dapat menyebabkan batu saluran kemih.

Baca juga: Cara mengobati batu kandung kemih

Ciri Asam Urat Ditangan

Ciri asam urat pada bagian tangan sendi di mana sendi terasa nyeri, panas, merah, bengkak, dan kaku. Bagian sendi yang paling umum terkena dampaknya adalah di pangkal jempol kaki di mana pembengkakan dapat dikaitkan dengan nyeri yang parah, namun hampir semua sendi dapat merasa nyeri ini seperti lutut, pergelangan kaki, sendi di jari tangan dan siku. Berikut adalah beberapa ciri asam urat di tangan :

  1. Mengalami kesemutan.
    Ciri asam urat pada tangan yaitu sering mengalami kesemutan dan sangat mengganggu aktivitas yang sedang dijalani. Kesemutan akibat asam urat ditangan juga bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama sehingga mengakibatkan sipenderita kesulitan untuk menggenggam suatu barang atau benda. Jika anda mengalami kesemutan dengan frekuensi yang meningkat, ada kemungkinan hal ini adalah tanda dari adanya serangan asam urat.
  2. Bengkak pada bagian tangan.
    Bengkak yang diakibatkan karena asam urat biasanya sering disertai dengan rasa nyeri yang sangat hebat dan terasa panas. Untuk bagian tangan, gejala ini bisa saja muncul di pergelangan tangan atau ruas jari. Bahkan bisa jadi siku juga mengalami gejala yang sama.
  3. Muncul tofus.
    Tofus yaitu benjolan yang muncul akibat kadar asam urat di dalam tubuh sudah sangat berlebihan yang diakibatkan karena peradangan persendian yang sudah parah.
  4. Sering buang air kecil.
    Ciri dari asam urat yang lainnya yaitu sering buang air kecil terutama pada malam hari dan mengakibatkan penderita kesulitan untuk tidur. Hal ini diakibatkan karena tubuh yang berusaha untuk membuat zat purin yang sudah sangat banyak. Banyak dari penderita asam urat yang melakukan buang air kecil sampai 5 kali hal ini bisa menjadi mengganggu waktu tidur.

Dilihat dari gejala asam urat yang dapat mengganggu penderita, oleh sebab itu anda yang mengalami asam urat sangat dianjurkan untuk mengubah pola hidup agar penyakit ini tidak muncul kembali dikemudian hari supaya tidak mengganggu aktivitasnya secara normal.

Demikian informasi mengenai ciri asam urat ditangan semoga bermanfaat.

One thought to “Ciri Asam Urat Ditangan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *