Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal

Ciri Penyakit Ginjal Stadium AwalSangat penting bagi anda untuk mengetahui apa saja ciri-ciri penyakit ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ penting yang ada dalam tubuh karena berfungsi untuk menghilangkan kelebihan air dari dalam tubuh.

Banyak orang yang menganggap bahwa penyakit ginjal adalah penyakit yang bukan serius sehingga mereka mengabaikannya. Ketika ginjal tidak menjalankan fungsinya dengan baik maka akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan komplikasi yang serius. Kerusakan yang terjadi pada ginjal bisa menyebabkan fungsi ginjal akan semakin menurun dan dalam jangka waktu yang lama akan berdampak besar pada aktivitas sehari-hari.

Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal

Apa saja tanda dan gejala gagal ginjal pada tahap awal?

Umumnya gejala penyakit ginjal tidak akan terdeteksi karena gejala muncul secara ringan dan samar-samar. Namun jika tidak segera dilakukan penanganan dan pengobatan gagal ginjal yang tepat kondisi ini dapat semakin parah dari waktu kewaktu. Diantara gejala awal dari penyakit gagal ginjal yang harus anda ketahui yaitu :

  1. Mengalami kencing berdarah.
    Gejala kencing berdarah merupakan efek dari ginjal yang mengalami kerusakan dan, selain menandakan penyakit ginjal dalam dalam urine juga bisa menjadi pertanda indikasi penyakit lainnya seperti batu ginjal. Anda juga mungkin akan merasakan nyeri pada saat buang air kecil. Untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius dari kencing darah sebaiknya anda segera konsultasikan kedokter.
  2. Sering merasa kelelahan.
    Ketika ginjal mengalami kerusakan produksi hormon eritropoetin menjadi menurun dan dapat menyebabkan lelah, lemas, dan sulit untuk berkonsentrasi. Jika hal ini terus dibiarkan akan menyebabkan komplikasi seperti anemia.
  3. Kulit kering dan gatal-gatal.
    Akibat terganggunya kerja ginjal maka akan menyebabkan kotoran sisa metabolisme akan menumpuk dan akhirnya menimbulkan kulit kering, rasa gatal, dan kemerahan. Kulit yang mengalami kering dan gatal bisa menjadi pertanda penyakit gagal ginjal stadium lanjut. Untuk mencegah terjadinya luka dan peradangan pada kulit yang gatal sebaiknya hindari untuk menggaruk.
  4. Pembengkakan yang terjadi pada bagian tubuh tertentu.
    Akibat dari ginjal yang mengalami kerusakan yaitu dapat menyebabkan retensi natrium yang menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti pada bagian kaki, lengan, tangan, atau wajah. 
  5. Nyeri pada bagian pinggang.
    Gejala yang umumnya terjadi pada penderita gagal ginjal yaitu mengalami nyeri pada pinggang kanan atau kiri dan kemungkinan kondisi ini merupakan gejala dari batu ginjal.

Demikian penjelasan tentang ciri penyakit ginjal stadium awal semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *