Gejala Kanker Usus Besar Yang Harus Diwaspadai

Gejala Kanker Usus BesarPada saat mendengar kata kanker mungkin sebagian orang akan merasa takut. Ada berbagai jenis macam kanker diindonesia salah satunya yaitu kanker usus besar. Untuk menetukan pengobatan kanker usus yang besar, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu gejala yang mungkin terjadi. Untuk lebih jelas, simak informasinya dibawah ini.

Kanker usus adalah jenis kanker yang dapat terjadi pada siapa saja, namun sangat banyak terjadi pada lansia yang berumur diatas 60 tahun. Kanker usus pada stadium awal biasanya tidak akan menimbulkan gejala sehingga banyak orang yang tidak menyadari. Hal ini dapat menyebakan kanker menyebar dan terlambat untuk mendapatkan penanganan. 

Untuk mencegah terjadinya kanker usus besar sangat penting sekali untuk selalu menjaga pola hidup yang sehat . Sehingga hal ini akan memperkecil resiko terkena  penyakit kanker usus besar dengan cara rutin berolahraga, menjaga berat badan, berhenti merokok, dan menghindari minuman beralkohol.

Gejala Kanker Usus Besar.

Dengan mengetahui gejala dari kanker usus maka, maka penyakit ini akan mudah diobati dengan peluang sembuh yang sangat besar. Berikut adalah beberapa gejala kanker usus yang harus anda waspadai :

  1. Tekstur tinja yang mengalami perubahan.
    Salah satu gejala yang harus anda waspadai dari kanker usus yaitu terjadi perubahan pada tekstur tinja baik itu itu bertambah keras atau bertambah cair. Kondisi ini biasanya akan berlangsung selama lebih dari 4 minggu.
  2. Anus dan BAB berdarah.
    Banyak orang yang mengira bahwa BAB berdarah adalah suatu kondisi yang biasa dan sering dianggap sebagai penyakit wasir, padahal anus dan BAB yang berdarah merupakan salah satu gejala dari kanker usus yang patut dicurigai. Pendarahan pada saat BAB biasanya akan terjadi dan warna feses akan tampak menjadi lebih gelap.  Anus berdarah biasanya disebabkan oleh adanya robekan kecil disekitar anus.
  3. Penurunan berat badan.
    Saat tubuh kekurangan zat besi hal ini dapat menyebabkan penurunan pada berat badan yang disertai dengan gejala lain yaitu lemas dan lelah. Bila anda sudah mengalami penurunan berat badan secara drastis hal ini bisa dikatakan sebagai gejala  signifikan dan harus segera diobati.
  4. Perut kembung dan nyeri terus-menerus.
    Adanya perut kembung sering dianggap sebagai gejala masuk angin biasanya, namun anda harus waspadai jika perut kembung disertai dengan nyeri yang terjadi dalam jangka waktu yang lama dan juga tidak hilang, hal ini bisa menjadi tanda adanya kanker usus besar yang harus segera mendapat penanganan.

Jika gejala diatas tidak juga kunjung sembuh dan semakin parah, sebaiknya untuk lebih jelas segera lakukan pemeriksaan. Hal ini supaya mencegah terjadinya komplikasi yang akan berujung pada penurunan sel darah merah atau anemia.

Demikian penjelasan tentang gejala kanker usus besar semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *