Gejala Penyumbatan Jantung

Gejala Penyumbatan JantungJantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting sebagai memompa darah keseluruh tubuh. Jika terjadi masalah pada jantung, hal ini dapat menyebabkan kondisi berbahaya yang akan berakibat pada serangan jantung. Untuk mengetahui apa saja gejala dari penyumbatan jantung, mari kita simak informasinya dibawah ini.

Ada banyak gangguan atau penyakit yang dapat terjadi pada jantung salah satunya yaitu penyumbatan jantung, kondisi ini dapat disebabkan karena penumpukan plak yang biasanya akan terbentuk dari kolesterol atau juga lemak yang terdapat pada dinding darah jantung. Penyumbatan jantung dapat terjadi peningkatan karena adanya pola hidup yang kurang sehat seperti merokok dan obesitas. 

Gejala yang harus diwaspadai.

Penyumbatan jantung adalah kondisi yang dapat terjadi pada siapa saja termasuk anak muda. Plak yang muncul biasanya akan bertambah dan menumpuk seiring dengan bertambahnya usia yang akhirnya akan menyebabkan seseorang mengalami stroke atau juga serangan jantung. Mengetahui gejala dari penyumbatan jantung adalah hal yang terpenting untuk menentukan penanganan supaya peluang untuk sembuh akan lebih besar. Berikut adalah beberapa gejala dari penyumbatan jantung yang harus anda waspadai :

  1. Sakit atau nyeri pada dada.
    Sakit dada yang akan anda rasakan yaitu seperti adanya tekanan seperti diremas dan dada akan terasa sangat sakit. Hal ini terjadi karena adanya sumbatan pada pembuluh darah arteri yang mensuplai darah ke otot jantung. Nyeri pada dada biasanya akan menyebar kebagian tubuh lainnya yaitu punggung, leher dan tangan, kondisi ini akan berbahaya jika tidak segera ditangani dengan tepat dan cepat.
  2. Detak jantung yang tidak beraturan.
    Seorang yang mengalami detak jantung tidak beraturan akan sangat beresiko terhadap stroke dan penyumbatan darah dibagian otak bahkan sampai kematian. Biasanya gejala ini akan diikuti dengan gejala lainnya seperti sesak napas. Sesak napas terjadi karena adanya kontraksi jantung yang tidak maksimal sehingga akan menimbulkan aliran darah dari paru kejantung mengalami penurunan.
  3. Mual dan muntah.
    Mual dan muntah adalah kondisi yang disebabkan oleh adanya gangguan aliran dara jantung bagian bawah yang mempengaruhi aliran darah otot diagrafma dan persarafan. Kondisi ini dapat memicu terjadinya refleks yang dapat menyebabkan muntah.
  4. Mudah lelah.
    Akibat dari peredaran darah yang tidak maksimal dan tidak lancar hal ini dapat menyebabkan penderita tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya karena akan menguras tenaga dan mereka akan mudah untuk merasa lelah. 

Jika anda mengalami gejala seperti diatas sebaiknya harus lebih waspada dan melakukan pemeriksaan, jika kondisi ini terus dibiarkan maka akan menimbulkan komplikasi berbahaya yang akan berujung pada penyakit jantung koroner.

Demikian penjelasan tentang gejala penyumbatan jantung semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *