Tanda Gejala Kista Payudara Dan Cara Mengatasinya

Kista PayudaraBanyak wanita yang bingung untuk membedakan tumor, kanker dan kista dipayudara. Akibatnya mereka panik dan takut karena bisa saja kanker. Untuk mengetahui dan mengenalnya lebih jauh mari kita simak informasi dibawah ini.

Kista payudara merupakan benjolan berbentuk bulat atau lonjong yang berisi cairan yang tumbuh pada jaringan payudara.  Kista ini merupakan penyakit yang tergolong jinak dan tidak berbahaya, namun untuk menghindari masalah lebih lanjut dari kista payudara anda juga harus lebih waspada. Jika kita raba kista ini akan teraba seperti balon berisi air atau benda padat yang berukuran diameter 2,5-5 sentimeter.

Gejala Kista Payudara Dan Cara Mengatasinya

Tanda Gejala Kista Payudara Dan Cara Mengatasinya

Ketika kista masih berukuran kecil, anda mungkin tidak akan merasakan tanda dan gejala apapun. Namun, apabila ukuran kista sudah membesar, anda mungkin akan merasa gejala sekitar payudara. Berikut adalah beberapa gejala yang ditimbulkan apabila kista sudah berukuran besar yaitu :

  1. Mengalami rasa sakit pada bagian payudara dan area benjolan terasa lembek.
  2. Jika anda mengalami kista payudara sebelum menopause, biasanya ukuran payudara akan membesar diikuti dengan rasa nyeri. Namun, jika anda mengalami hal ini setelah menopause, ukuran payudara akan mengecil diikuti dengan tanda dan gejala lain, seperti payudara terasa sakit.
  3. Puting susu akan mengeluarkan cairan yang berwarna jernih, coklat, atau jernih.

Untuk meringankan rasa sakit yang timbul pada payudara anda dapat meringankannya dengan beberapa cara yaitu :

  1. Dengan menggunakan bra atau penyangga yang dapat menopang payudara dengan nyaman dan hindari pemakaian bra yang terlalu ketat.
  2. Pada bagian yang nyeri kompres menggunakan air hangat atau dingin.
  3. Menerapkan pola makan yang sehat, dengan cara mengurangi makanan yang mengandung banyak garam untuk mencegah terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh. Selain itu juga anda bisa mengurangi gejalanya dengan menghindari konsumsi makanan atu minuman yang mengandung kafein.
  4. Menggunakan obat pereda nyeri yang dijual secara bebas seperti paracetamol.

Jika gejala yang anda alami tidak kunjung sembuh dan makin parah sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk melakukan penanganan dan pengobatan kista payudara yang tepat.

Sekian & Terimakasih.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Meningitis Dengan Daun Zaitun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *