Pengaruh Hipertensi Yang Tidak Boleh Disepelekan

Pengaruh Hipertensi Yang Tidak Boleh Disepelekan Penyakit hipertensi merupakan penyakit yang dapat mempengaruhi bagi kondisi tubuh lainnya seperti rasa pusing dan demam. Bagaimana saja pengaruh hipertensi terhadap tubuh kita mari kita simak artikelnya dibawah ini.

Pengaruh Hipertensi Terhadap Tubuh

Pengaruh Hipertensi

Hipertensi atau sering dikenal dengan tekanan darah tinggi yaitu tekanan darah yang lebih tinggi dari angka normal yaitu 120/80 milimeter merkuri (mmHG). Seseorang bisa dikatakan darah tinggi apabila tekanan darah menunjukan 140/90 mmHG. Penyakit hipertensi bisa disebut juga penyakit mematikan karena penyakit ini tidak menyebabkan gejala jangka panjang. Namun, mungkin mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa macam penyakit jantung.

Apabila seseorang yang mempunyai hipertensi tinggi disertai dengan keluhan pusing,mual dan demam sebaiknya harus segera berkonsultasi kepada dokter. Jika tidak segera dilakukan penanganan dan pengobatan hipertensi tersebut dapat menyebabkan komplikasi seperti pecahnya pembuluh darah dan penyakit stroke.

Akibat dari penyakit hipertensi :

  1. Terganggunya sistem saraf.
    Akibat dari darah tinggi bisa menyebabkan terganggunya sistem saraf contohnya anda mungkin sulit mengingat atau kehilangan fokus saat berbicara dengan oranglain. Kerusakan sama yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi di pembuluh darah dan arteri pada jantung dapat terjadi juga di arteri pada otak yaitu dapat mengakibatkan sel-sel pada otak akan mati.
  2. Terganggunya sistem sirkulasi.
    Ketika tekanan darah tinggi melonjak hal ini akan mengakibatkan rusaknya dinding arteri yang awalnya merobek kecil. Dari robekan kecil tersebut, dalam jangka waktu yang lama akan membuat kolesterol jahat terbentuk dan menempel pada robekan tersebut. Semakin banyak kolestrol yang terbentuk dalam dinding akan menyebabkan arteri semakin menyempit.
  3. Terganggunya sistem pernapasan.
    Ketika tekanan darah kita mengalami kelonjakan yang sangat tinggi dapat menyebabkan penyakit Sleep apnea yaitu gangguan tidur yang menyebabkan dengkuran keras dan gangguan bernafas saat tidur pada malam hari.
  4. Sistem urine
    Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah yang lebih besar yang mengarah kepada ginjal dan pembuluh darah yang lebih kecil di dalam ginjal Anda. Berangsur-angsur, kerusakan ini mencegah ginjal untuk bekerja semestinya.

Untuk melakukan pencegahan terjadinya tekanan darah tinggi sebaiknya hal pertama yang anda harus lakukan yaitu melakukan hidup sehat.  Dengan pola hidup yang sehat segala penyakitpun tidak akan menyerang tubuh kita.

Baca Juga :  Penyebab Keringat Berlebih Dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *