Penyebab Keringat Berlebih Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Keringat Berlebih Dan Cara MengatasinyaPada umumnya, keringat berlebih terjadi ketika kita sedang melakukan aktivitas fisik tertentu atau sedang dalam keadaan grogi. Namun, apabila keringat berlebih keluar tanpa alasan yang jelas apa yang menjadi penyebabnya?untuk mengetahui apa saja penyebab keringat berlebih mari kita simak artikel dibawah ini.

Keringat yaitu air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia. Berkeringat merupakan hal yang sangat normal, namun apa yang akan terjadi bila kita mengalami keringat yang berlebih dan disertai dengan aroma tidak sedap. Adanya keringat berlebih yang disertai dengan bau tidak enak membuat sebagian orang menjadi tidak percaya diri dan kurang nyaman.

Penyebab Keringat Berlebih

Penyebab Keringat Berlebih

Jika bau keringat ada pada bagian ketiak itu bisa saja diatasi dengan pemakaian deodoran atau pewangi lainnya. Kondisi keringat bisa juga disebut dengan hiperhidrosis yaitu sekresi atau pengeluaran keringat dalam jumlah yang lebih banyak dari seharusnya untuk mendinginkan tubuh. Keringat berlebih biasanya muncul pada bagian tangan, kaki, ketiak, wajah, dan kepala.

Keringat berlebih biasanya sering terjadi pada seseorang yang mulai menginjak masa remaja yang disebabkan oleh keturunan, faktor saraf, metabolisme atau kondisi sistemik. Selain itu, biang keringat juga bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu :

  1. Adanya efek dari obat-obatan seperti obat aspirin, asetaminofen, dan anti depresi.
  2. Adanay penyakit tertentu yang mengakibatkan keringat berlebih seperti penyakit jantung, tuberkulosis, dan malaria.
  3. Mengkonsumsi makanan pedas dan minuman tertentu, seperti kafein dan alkohol.
  4. Demam, pada saat suhu tubuh mulai turun.
  5. Faktor psikologis, seperti cemas, malu, dan takut.
  6. Kadar gula darah yang rendah.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Cara yang paling mudah untuk mengatasi biang keringat yaitu dengan perubahan gaya hidup yang sehat termasuk dalam pemilihan pakaian. Keringat berlebih biasanya muncul ketika kita sedang memakai pakaian ketat, berbahan nilon, polyester, dan juga topi. Untuk mengatasi keringat berlebih dibagian wajah sebaiknya gunakan bedak bayi dengan cara ditaburkan merata dan tipis.

Karena keringat berlebih dapat menjadi gejala penyakit serius, maka segera konsultasikan kedokter jika mengalami keringat berlebih yang diiringi nyeri dada, berat badan berkurang tanpa sebab, berkeringat saat tidur, demam, sesak napas, atau jantung berdebar-debar.

Baca Juga :  Bahaya Sinusitis Ketika Terjadi Komplikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *