Penyebab Osteoporosis Pada Usia Muda

Penyebab OsteoporosisOsteoporosis merupakan salah satu penyakit yang biasanya sering terjadi pada lansia, namun bagaimana osteoporosis menyerang usia muda. Apa saja penyebab osteoporosis diusia muda? untuk lebih jelasnya, simak informasinya dibawah ini.

Banyak orang yang sering bahwa penyakit osteoporosis adalah suatu kondisi yang banyak terjadi pada lansia terutama pada wanita, namun perlu anda ketahui selain pada lansia osteoporosis juga dapat terjadi pada siapa saja baik perempuan atau pria dan usia muda bahkan anak-anak. Penyakit ini umumnya akan diketahui pada saat mengalami cedera atau keretakan tulang.

Umumnya tulang akan melakukan regenerasi dari waktu kewaktu, hal ini berarti tulang yang telah rapuh akan tergantikan oleh tulang yang baru.  Namun seiring bertambahnya usia hal ini dapat menyebabkan secara perlahan kepadatan tulang akan berubah menjadi makin berkurang dan menjadi rapuh. Tulang merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk alat gerak pasif dan juga untuk menegakan tubuh.

4 Penyebab Osteoporosis Pada Usia Muda.

  1. Gaya hidup yang kurang sehat.
    Jika kamu terlalu banyak istirahat dan malas untuk menggerakan badan, hal ini dapat memiliki resiko tinggi terkena osteoporosis. Hal ini terjadi karena tubuh dan tulang tidak dapat terlatih untuk menahan beban yang berfungsi sebagai kepadatan tulang. Selain itu juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua mineral tersebut sangat penting untuk membantu menyusun tulang. Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang efektif untuk mencegah terjadinya osteoporosis pada usia muda.
  2. Konsumsi obat tertentu.
    Penggunaan obat dalam jangka panjang seperti obat kortikosteroid untuk mengobati asma dan radang sendi. Jenis obat tersebut dapat mengganggu proses pembentukan tulang dan meningkatkan terjadinya penyakit osteoporosis pada usia muda.
  3. Kadar dan gangguan hormon.
    Penyakit osteoporosis lebih sering terjadi pada orang yang memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon yang ada dalam tubuh. Contoh gangguan hormon yang dapat menyebabkan osteoporosis pada usia muda yaitu gangguan pada kelenjar adrenal, kelenjar hipofisis, dan menurunnya jumlah hormon estrogen serta testosteron.
  4. Amenorea.
    Amenorea adalah suatu kondisi yang biasanya terjadi pada wanita, dimana wanita tidak mengalami menstruasi dalam jangka waktu yang sangat lama. Kondisi ini dapat menyebabkan hormon estrogen pada wanita mengalami penurunan sehingga dapat menyebabkan osteoporosis. Kondisi ini dapat terjadi pada wanita yang memiliki tubuh kurus serta sering melakukan olahraga yang berlebih.

Cara Mencegah Osteoporosis Pada usia Muda.

Untuk mencegah osteoporosis pada usia mudah yaitu dengan merubah pola hidup dengan gaya hidup yang sehat. Contoh gaya hidup yang sehat yaitu batasi konsumai alkohol, cukupi asupan kalsium dan vitamin D serta berhenti merokok. Mencegah dan mengatasi osteoporosis juga bisa anda lakukan dengan olahraga secara teratur, olahraga merupakan salah satu cara mengobati osteoprosis yang paling aman.

Demikian penjelasan tentang penyebab osteoporosis pada usia muda semoga bermanfaat dan bisa membantu anda untuk melakukan pencegahan sejak dini.

Post by : Toko AgaricPro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *